Kumpulan Situs Lowongan Pekerjaan Terlengkap dan Terpopuler di Indonesia

Anda sedang mencari lowongan pekerjaan? Banyak sekali website atau situs penyedia informasi lowongan kerja yang ada di Internet. Anda belum mengetahui situs apa sajakah itu? Jangan khawatir, jika Anda belum tahu situs lowongan pekerjaan mana yang harus Anda kunjungi. Saya sudah merangkumnya dalam postingan kali ini. Simak selengkapnya berikut ini.


1. JobsDB
JobsDB didirikan pada 1998. Saya pertama kali mengetahui situs ini pada akhir November 2005 dari Chemist yang saya gantikan di sebuah perusahaan asing yang bergerak di tambang nikel.
Selain di Indonesia, JobsDB juga ada di China, Malaysia, Hongkong, Singapura, Thailand, dan Filipina. Situs ini mengklaim sebagai yang terkemuka dan terfavorit untuk para pencari kerja Asia.
Di JobsDB, Anda akan melihat daftar pekerjaan berdasarkan fungsi, lokasi, dan industri. Contoh pekerjaan berdasarkan fungsi adalah akunting, teknologi informatika, desain, teknik, properti, dan asuransi. Contoh lokasi adalah Bali, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan. Sementara itu, contoh pekerjaan berdasarkan industri adalah layanan pajak, laboratorium, layanan keuangan, percetakan, penerbitan, dan agen perjalanan.
Bukan hanya itu, di JobsDB Anda bisa juga mencari pekerjaan berdasarkan gaji bulanan. Pilihan gaji yang tersedia dari Rp1 juta sampai lebih dari Rp70 juta per bulan.


2. Jobstreet.co.id
Situs kedua adalah Jobstreet.co.id. Situs ini merupakan bagian JobStreet.com yang didirikan di Malaysia pada 1997. Selain di Indonesia, situs ini juga ada di Singapura, Filipina, dan Vietnam. Mitranya beragam, mulai dari perusahaan Australia hingga Afrika Selatan. Tak heran, mereka mengklaim diri sebagai situs yang memiliki banyak lowongan berkualitas (20.276 lowongan), banyak perusahaan berkualitas, dan paling terpercaya.
Di situs tersebut, Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris untuk mencari lowongan pekerjaan. Ada juga fitur pencarian dan penelusuran lowongan berdasarkan spesialisasi, tingkat jabatan, lokasi, nama perusahaan, lowongan di luar negeri, lowongan lulusan baru, dan lowongan yang membutuhkan banyak pelamar. Bukan hanya itu, Anda juga bisa memilih lowongan berdasarkan tanggal dan gaji.
Saat tulisan ini dibuat, di hasil pencarian lowongan kerja JobStreet muncul beragam iklan, misalnya Sales Engineer, Investasi & Cost Manager, Marketing Executive, dan Finance Manager. Jika Anda pengguna smartphone, lowongan terbaru semacam itu bisa dengan mudah diketahui dengan menggunakan JobStreet Mobil App


3. Monster.co.id
Monster.co.id merupakan anak perusahaan Monster.com, sebuah jaringan karier global yang didirikan Jeff Taylor pada 1994. Sampai saat ini, perusahaan tersebut sudah memiliki cabang di 50 negara.
Saat Anda berkunjung ke Monster.co.id, ketik judul pekerjaan yang Anda cari pada kotak pencarian. Sebagai contoh, saya mengetikkan finance manager. Mucul dua lowongan pekerjaan yang berasar dari perusahaan farmasi dan kontraktor umum.
Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur pencarian, Anda bisa mengklik salah satu kategori di Top Industries yang sesuai dengan latar belakang pendidikan atau karier Anda. Sayangnya, Monster.co.id hanya menggunakan bahasa Inggris sehingga mungkin akan menjadi masalah bagi Anda yang tidak paham bahasa tersebut.

 

4. Jobs.id
Temukan peluang karir yang berdampak bagi hidup Anda. Itulah headline milik Jobs.id. Situs yang memiliki tampilan sederhana ini menyediakan informasi lowongan kerja dari beragam industri, mulai dari finasial hingga periklanan, dan lokasi seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Batam, Bali, Medan, Yogyakarta, Balikpapan, dan kota-kota besar lainnya.
Salah satu cara mencari lowongan kerja terbaru di Jobs.id adalah dengan menggunakan kotak pencarian. Saat Anda menggunakan fitur tersebut, secara default akan muncul daftar lowongan pekerjaan. Sebagai contoh, saat tulisan ini dibuat, lowongan kerja yang muncul adalah Sales Admin, Purchasing Staff, Architect, IT Support, dan Asisstant Agronomy.
Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur pencarian, Anda bisa melihat lowongan kerja terpopuler berdasarkan posisi, lokasi, dan perusahaan. Bahasa yang digunakan bisa dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

 

5. Karir.com
Karir.com didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Situs yang dinahkodai Dino Martin, mantan Vice President Sales and Marketing BMW Indonesia, ini menampilkan lowongan kerja dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Seperti halnya situs lowongan kerja yang lain, karir.com memiliki fasilitas pencarian pekerjaan berdasarkan posisi, nama perusahaan, dan kata kunci. Selain itu, situs ini juga memiliki informasi kategori pekerjaan berdasarkan industri (misalnya manufacturing, financial banking, dan retail) dan kota (misalnya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan).
Saat tulisan ini dibuat, contoh lowongan pekerjaan yang ada di industri pelayanan adalah staf pajak, web designer, dan helper registrasi.

 

6. Jobindo.com
Jobindo.com adalah situs lowongan pekerjaan yang memiliki tagline cara cepat cari kerja. Situs ini juga memiliki fitur pencarian pekerjaan, kategori, dan lokasi. Tak hanya itu, situs tersebut menampilkan lowongan teratas dan lowongan terbaru di halaman depannya.
Saat tulisan ini dibuat, saya mencoba mencari lowongan pekerjaan di jobindo.com berdasarkan kategori Bank dan Keuangan. Lowongan yang muncul adalah kasir dengan lokasi di Jawa Timur.


7. CareerBuilder.co.id
CareerBuilder.co.id merupakan situs lowongan pekerjaan yang berada di bawah CareerBuilder.com. Berlokasi di Menara Jamsostek, CareerBuilder.co.id menampilkan informasi lowongan kerja dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Ada juga informasi tentang perusahaan terpilih dan kategori pekerjaan.
Jika Anda mengunjungi CareerBuilder.co.id, Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dengan menggunakan fasilitas pencarian atau kategori pekerjaan. Sebagai contoh, untuk kategori Multimedia, saat tulisan ini dibuat menampilkan 157 lowongan pekerjaan. Beberapa contohnya adalah Senior IT Developer, Programmer, Social Media Specialist, Web Designer, dan Motion Graphic Designer.


8. Kompas Karier
Siapa yang tidak kenal Kompas? Ya, koran yang disebut-sebut sebagai koran terbesar di Indonesia tersebut juga merambah dunia lowongan pekerjaan dengan mendirikan Kompas Karier. Di situs tersebut, Anda bisa menemukan lowongan kerja terbaru, lowongan kerja pilihan, dan sejumlah tips karier. Selain itu, ada juga lowongan yang paling banyak dilihat atau yang paling banyak dilamar. Semua informasi lowongan tersebut gratis bagi para pencari kerja.

 

9. Glints
Glints hadir di tanah air di awal tahun 2016 untuk membantu anak muda dalam menemukan passion mereka. Startup pencarian kerja asal Singapura ini mengklaim telah memiliki lebih dari 20.000 nama terdaftar yang kebanyakan dari kalangan muda, serta ada sedikitnya 2.000 perusahaan yang memberi listing lowongan pekerjaan di dalamnya.
Layanan yang menjamin penggunanya mendapatkan pekerjaan dalam waktu 14 hari, juga menyediakan lowongan magang dengan dua fitur unggulan. Pertama adalah Live Career Consultations yang menyediakan jasa konseling dan rekomendasi pengembangan karier melalui live chat. Kedua adalah Dynamic Career and Skills Path Explorer, yang membantu kandidat untuk menjelajah berbagai bidang karier lainnya, serta memberikan pelatihan keahlian khusus untuk berkarier di bidang yang diinginkan.


10. Qerja
Qerja memungkinkan penggunanya membagikan informasi seputar tempat kerja, gaji, dan review peran mereka di sebuah perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa difilter berdasarkan lokasi, bidang pekerjaan, industri, dan gaji. Terdapat juga opsi Fresh Graduate yang hanya akan menampilkan lowongan untuk mereka yang baru lulus.


11. Urbanhire
Urbanhire tadinya hanya menampilkan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang menjadi partner mereka. Belum lama ini, Urbanhire meluncurkan layanan baru yang bernama Urbanhire Search, yaitu agregator yang bisa menampilkan lowongan pekerjaan dari berbagai situs—bukan hanya lowongan yang mereka sediakan saja. Dengan penyatuan informasi yang dilakukan Urbanhire, kini kamu tidak perlu lagi membuka situs-situs lowongan kerja satu per satu.


12. Jora
Startup asal Australia ini justru hadir sebagai agregator dari situs-situs loker yang sudah ada. Artinya, cukup dengan membuka Jora, kamu bisa mencari lowongan kerja dari berbagai portal loker di Indonesia. Jora, yang memiliki tampilan pencarian sesimpel Google, sudah memiliki hak eksklusif untuk menampilkan lowongan kerja dari situs JobStreet dan JobsDB Indonesia. Selain itu, Jora juga menampilkan loker dari perusahaan dan agen rekrutmen yang mencari kandidat untuk berbagai posisi.


13. Indeed
Indeed merupakan situs pencarian loker global yang telah beroperasi di enam puluh negara, termasuk Indonesia. Selain meyediakan lowongan yang dipasang oleh partnernya, Indeed juga memiliki fitur agregator yang memungkinkan pencarian dari situs loker lain, surat kabar, laman karier di situs perusahaan, dan sebagainya. Sama seperti Jora, Indeed juga mengadopsi tampilan yang simpel ala Google.


14. Loker
Loker mengklaim sebagai pionir lokal dalam ranah ini sejak berdiri pada 20 Maret 2007 di bawah naungan CV. Jemari. Loker juga menjamin keabsahan dan keakuratannya, karena setiap informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke meja redaksi selalu diperiksa secara manual sebelum dipublikasikan secara online.


15. Jobscdc
Sekalipun tampilan situsnya kurang meyakinkan, namun Jobscdc (jobs and career development center) populer di kalangan para pencari kerja karena kategori khusus mengenai loker CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mereka sediakan. Profesi PNS masih dianggap prestisius karena menjamin keamanan finansial di masa tua kelak.


16. JobFinder
Berbeda dengan situs sebelumnya yang telah dibahas, Jobfinder merupakan mesin pencari yang khusus menyediakan jutaan informasi lowongan pekerjaan dari ribuan industri dan kategori.
Dilihat dari pemilihan domain, kami belum menemukan banyak informasi mengapa Jobfinder yang berbasis di Jerman ini menargetkan pencari kerja asal Indonesia. Jobfinder sendiri menempatkan diri sebagai agregator.

Jika Anda Tertarik dengan Artikel ini, silahkan berlangganan artikel saya gratis via Email...
Masukkan Alamat Email:

0 komentar:

Post a Comment

BUDAYAKANLAH BERKOMENTAR SETELAH MEMBACA
Terima Kasih ^_^